CARA MENGGABUNGKAN VIDEO YANG TERPISAH DENGAN HJ SPLIT 3.0

Ada beberapa cara menggabungkan video yang terpisah, salah satunya dengan menggunakan tool pemotong / pemecah dan penggabung file. Software ini bernama HJ Split (ver.3.0). HJ Split merupakan alat yang cukup simpel dalam penggunaannya, terutama untuk menggabungkan video yang terpisah atau video yang terbagi menjadi beberapa part (part 1, part2, part3, dsb). Selain itu, Software HJ Split juga sangat ringan, yakni hanya berukuran asli kurang lebih 200 KB saja.

Jenis-jenis file video yang terpisah di Internet biasanya juga sangat beragam mulai dari MKV, AVI, FLV, MP4, WMV, MPG, 3GP, dan sebagainya. HJ Split support untuk segala jenis file video tersebut, bahkan file yang berjenis rar, zip, atau exe, pun bisa digabungkan dengan menggunakan software ringan ini. Berikut ini adalah contoh cara menggabungkan video yang terpisah dengan menggunakan HJ Split.

MENGGABUNGKAN VIDEO TERPISAH (PART 1, PART 2, PART 3)


Sebagai contoh saya akan menggabungkan 3 file part video, kita anggap 3 parts video ini adalah file Film Hollywood dengan size besar yang telah didownload, seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar diatas menunjukkan 3 potongan file video (001, 002, 003), file video tersebut tidak akan bisa dibuka satu persatu pada Media Player, agar video tersebut bisa diputar maka kita harus menggabungkan file video tersebut agar menjadi satu file yang utuh. Penting : Buatkan satu folder khusus tersendiri untuk file-file video yang terpisah ! Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka HJ Split - Kemudian pilih menu JOIN

2. Kemudian akan muncul box File Join - Klik INPUT FILE dan cari difolder mana kita meletakkan file video yang terpisah tadi.

3. Pada gambar dibawah, terlihat hanya satu file saja ( Canon Rock played by Yasi.flv.001), lalu file yang lain 002 & 003 kemana ?. Jawabannya : Jika dalam satu folder terdapat 2 atau lebih file dengan nama yang sama (yang berbeda hanya angka / nomor), maka itu dianggap 1 file yang sama, nantinya secara otomatis akan ditemukan oleh HJ Split saat proses penggabungan.

Pilih File dengan nomor 001 tersebut kemudian klik OPEN.

4. Kemudian akan muncul seperti pada gamba dibawah ini, biarkan secara default pada tombol OUTPUT. Output / hasil dari file yang telah digabungkan akan berada pada folder dimana kita meletakkan file part-part tadi dengan Tipe : Joined File. Joined file ini nantinya yang bisa diputar dalam Media Player - Lalu klik START.

5. Tunggu prosesnya sampai selesai. Hingga ada pemberitahuan JOINING COMPLETED.

6. Setelah proses penggabungan video selesai maka file yang utuh sudah terbentuk, seperti pada gambar dibawah ini.

File yang sudah tergabung (joined) tersebut sudah bisa diputar di Media Player, saya mencoba memutarnya pada GOM Player, dan sukses 100% berhasil, dibawah ini screenshotnya :




Demikianlah tips sederhana cara menggabungkan video yang terpisah dengan HJ Split 3.0, cara ini juga berlaku untuk menggabungkan file-file lain, seperti GAME, Musik, Software, dan sebagainya. Caranya sama saja. Semoga coretan ini bermanfaat.