CARA MEMBUAT LINK DOWNLOAD DI BLOG

Hampir semua netter atau pengguna Internet dimana pun berada sangat menyukai kegiatan "download", entah itu download software, mp3, video, gambar, game, ebook atau file file lain yang merasa perlu untuk didownload. Untuk membuat link download, sebenarnya ada berbagai alternatif . Jika anda pemilik blog yang ingin meyediakan link / tombol download bagi pengunjung, maka tak ada salahnya Anda mengetahui bagaimana cara membuat link download di blog dan tentunya akan ada variasi variasinya.

Sebelum membahas lebih lanjut ada yang perlu digaris bawahi disini. Dalam membuat link / tombol download di blog, kita akan menggunakan jasa situs penyimpanan file gratis seperti 4shared, ziddu, mediafire atau indowebster. Jadi jika belum mempunyai akun di situs penyimpanan file tersebut, buatlah terlebih dahulu. Cara kerjanya adalah kita akan menghubungkan link download dari situs tersebut kedalam blog melalui anchor text, gambar atau gambar tombol.

MEMBUAT LINK DOWNLOAD - MENGGUNAKAN ANCHOR TEXT / HYPERLINK

Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Masuk ke DASBOR blogger untuk memulai membuat posting / artikel.
2. Jika ingin membuat link download di akhir artikel / post maka cukup tulis kata DOWNLOAD.
3. Siapkan dahulu link download yang akan dimasukkan ke dalam teks DOWNLOAD. (Sebagai contoh saya akan memasukkan link download dari 4shared berupa software java emulator yang sudah saya upload sebelumnya ke 4shared)


4. Kemudian blok tulisan DOWNLOAD tersebut dan masukkan link didalamnya melalui menu LINK, seperti pada gambar dibawah ini :


5. Klik OK, dan publikasikan post Anda. Maka hasilnya akan seperti dibawah ini (klik) :

DOWNLOAD

Tambahan : Jika ingin tab baru terbuka saat klik Download, maka tambahkan kode target="_blank" sebelum href pada pilihan HTML, contoh : <a target="_blank" href="http://www.4shared.com/zip/zmgQqZ9c/JAVA_emulator.html" >DOWNLOAD</a>

MEMBUAT LINK DOWNLOAD - MENGGUNAKAN GAMBAR

Jika ingin membuat link download menggunakan gambar / menyisipkan link download kedalam gambar, berikut langkah-langkahnya :

1. Buka DASBOR Blogger untuk memulai membuat posting.
2. Upload sebuah gambar (apa saja) ke dalam posting yang ingin dijadikan link download.
3. Jika sudah terupload, klik gambar tersebut dan masukkan link download pada menu LINK.


Biarkan tetap kosong pada TEXT TO DISPLAY, karena kita tidak menggunakan TEXT lagi, melainkan menggunakan gambar. Hasilnya seperti pada gambar di bawah ini (klik gambarnya) :

CARA MEMBUAT LINK DOWNLOAD - MENGGUNAKAN TOMBOL

Jika ingin variasi lain maka kita akan mencoba membuat dengan menggunakan tombol download, Tombol yang dimaksud disini adalah gambar (bisa berupa gambar berformat gif) yang menyerupai tombol. Anda bisa cari dulu di Google.

Caranya sama dengan cara-cara diatas, yang membedakan hanya tampilannya yang menyerupai tombol / gambar bergerak. Hasilnya akan seperti contoh dibawah ini :


Usahakan memilih gambar yang setema dengan warna tema blog, agar terlihat lebih natural dan tidak mencolok.

Demikianlah tips singkat cara membuat link download di blog. Selain untuk menyisipkan link download, cara-cara diatas juga bisa untuk menyisipkan link link lain. Semoga bermanfaat.

Satu cara lagi yang paling mudah untuk membuat tombol download, caranya tetap sama dengan tombol download yang menggunakan anchor teks, yaitu cukup menambahkan kode <button></button>, sehingga kode htmlnya akan seperti ini <a target="_blank" href="http://www.4shared.com/zip/zmgQqZ9c/JAVA_emulator.html" ><button>DOWNLOAD</button></a>.

Tulisan download juga bisa dirubah sesuai keinginan misalnya, "Mainkan", "Lihat", "Klik Disini". "Pesan Hotel" dll. Sehingga hasilnya akan seperti ini :