Tips Membeli Smartphone Android Second

Saat ini smartphone Android masih menjadi tren dikalangan banyak orang. Hampir setiap tahunnya, para produsen smartphone Android meluncurkan produk terbarunya yang sekaligus dengan menambahkan beberapa fitur baru kedalamnya.

Meskipun gadget terbaru dari Android terus bermunculan, rupanya masih banyak pula orang yang lebih suka membeli smartphone Android second atau bekas. Selain harga yang ditawarkan relative lebih murah, ada juga sebagian dari mereka yang masih mencari ponsel Android tertentu namun sudah tidak ada lagi dipasaran.

Sebelum kamu membeli ponsel Android bekas, sebaiknya disimak dulu tips membeli smartphone Android second seperti berikut ini.

Tips Membeli Smartphone Android Bekas

cara memilih smartphone android bekas
Smartphone Android via howtouncle.com

Bandingkan harga di pasaran
Sebelum kamu pergi ke toko yang menjual ponsel Android bekas, sebaiknya cari dulu kisaran harga dari seri ponsel yang sedang kamu bidik tersebut. Sekarang ini sangat mudah untuk mencari informasi berapa kisaran harga pada sebuah ponsel Android bekas yang ingin kamu beli. Harga ponsel Android bekas tentu saja bisa berbeda-beda karena hal itu bisa dipengaruhi oleh bagaimana kondisi dari ponsel tersebut. Jangan tergiur dengan harga yang sangat murah ya, karena bisa jadi ponsel tersebut dalam kondisi yang tidak baik.

Periksa kondisi fisik
Kondisi fisik pada ponsel Android bekas tentu saja mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap harganya. Semakin banyak cacat yang ada pada bodi ponsel maka akan semakin murah juga harga yang akan ditawarkannya. Selain itu periksa juga label dan stiker hologram pada bagian belakang HP. Lihat apakah ponsel tersebut pernah di service sebelumnya atau tidak. Disamping itu jangan lupa di cek pada bagian baterainya. Biasanya baterai smartphone Android paling mudah untuk mengalami penggembungan sehingga hal itu akan membuat daya tahan baterai cepat habis dan bahkan bisa bocor. Bila hal ini terjadi, sebaiknya minta diganti dulu baterainya dengan yang baru dan original.

Periksa kelengkapan
Setelah kamu yakin kondisi perangkat Android masih bagus, sekarang coba diperiksa kelengkapan dari perangkat Android tersebut. Pada umumnya, beberapa ponsel Android baru pada paket penjualannya telah disertakan pula beberapa kelengkapannya seperti charger, headset, kabel HDMI, dan lain sebagainya. Diusahakan kelengkapan yang dimiliki oleh perangkat Android bekas tersebut tidak ada yang kurang.

Periksa software dan kelengkapan fitur
Tips membeli smartphone Android bekas selanjutnya adalah dengan memeriksa bagian sensor, kelengkapan fitur, dan software yang ada didalamnya. Cobalah di cek ketiga bagian tersebut satu-persatu. Bila semuanya berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan itu berarti perangkat tersebut masih dalam kondisi yang bagus.

Periksa nomor Imei
Setiap jenis perangkat Android memiliki nomor imei didalamnya. Untuk itu pastikan bahwa nomor imei pada perangkat Andoid sama dengan nomor imei yang ada pada kardus kemasan. Cara melihat nomor imei pada sebuah smartphone adalah dengan menekan *#06# lalu tekan yes atau call. Selain dengan cara itu, kamu juga bisa melihat nomor imei pada smartphone Android dengan memeriksa stiker imei yang tertempel dibagian belakang smartphone dekat dengan baterai.

Periksa garansi
Jangan lupa periksa juga kartu garansi yang dimilikinya. Lihat apakah kartu garansi tersebut masih ada atau tidak dan sampai kapan masa berlaku kartu garansi tersebut akan habis. Jika kartu garansi sudah tidak berlaku, bisa jadi sang pemilik sebelumnya telah membongkar perangkat Android tersebut di luar dearler resmi. Biasanya smartphone Android bekas yang sudah tidak memiliki kartu garansi akan dibandrol dengan harga yang lebih murah.

Itulah tips membeli smartphone Android second yang sebaiknya kamu ketahui. Dengan mengetahui beberapa tips diatas setidaknya kamu dapat menemukan ponsel Android bekas dengan harga yang pas.