Tanda-tanda Smartphone Android Terjangkit Malware

Hampir disetiap tahunnya para pengguna Smartphone Android mengalami peningkatakan. Hal ini ternyata membuat para pelaku cybercrime merasa tertarik untuk membuat malware atau virus baru yang dikhususkan untuk menjadikan Smartphone Android sebagai sasaran yang paling utama. Pada tahun 2013 yang lalu, perusahaan keamanan komputasi Trend Micro telah melakukan survei terhadap perangkat Android. Hasilnya, 1 dari 10 perangkat Android disinyalir telah terinfeksi malware. Meskipun jumlahnya masih sedikit, namun angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan berkembangnya jenis malware tersebut.
ciri smartphone android terkena virus
Sampai detik ini, malware masih menjadi sesuatu hal yang paling menakutkan bagi para pengguna Smartphone Android. Bukan hanya dapat merusak atau mengganggu kenyamanan pengguna, melainkan malware juga dapat mencuri data-data penting pengguna yang sejatinya telah tersimpan pada perangkat tersebut. Sebelum semuanya terlambat, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja tanda-tanda sebuah Smartphone bila sudah terjangkit malware. Berikut ini setidaknya terdapat 4 tanda umum yang menunjukkan bahwa Smartphone Android Anda telah terinfeksi malware.

4 Tanda Smartphone Android Terkena Malware


1. Performa menurun
Salah satu gejala yang paling sering ditemui ketika Smartphone Android terjangkit malware adalah menurunnya performa pada perangkat Smartphone Anda. Bila beberapa hari ini performa Smartphone Android Anda mengalami penurunan, maka ini bisa mengindikasikan bahwa ponsel pintar Anda sedang terjangkit malware.

2. Panggilan telepon sering putus
Apakah akhir-akhir ini Smartphone Android Anda sering mengalami putus baik pada saat melakukan panggilan atau pun menerima panggilan telepon? Hati-hati, bisa jadi itu adalah salah satu tanda bahwa perangkat Android Anda saat ini sedang disusupi oleh malware. Karena perlu Anda ketahui bahwa salah satu jenis malware tertentu dapat mengganggu konektivitas jaringan seluler yang Anda gunakan.

3. Baterai boros
Bila Gadget Smartphone Android sering digunakan, tentu saja akan membuat sumber daya baterai cepat habis. Namun, bukan hanya itu saja yang membuat baterai Smartphone Anda cepat habis. Bila Smartphone Android Anda telah tersusupi malware,  maka secara tidak langsung hal tersebut akan berpengaruh juga terhadap daya tahan baterai. Hal ini bisa terjadi karena malware dapat membuat perangkat Android bekerja secara terus-menerus tanpa disadari oleh para penggunanya.

4. Paket Data Internet Cepat Habis
Selain dapat memengaruhi kinerja dari perangkat Android itu sendiri, malware juga bisa menguras paket data internet Anda. Kondisi seperti ini dapat terjadi ketika Anda mengunjungi situs palsu yang kemudian akan langsung mengarahkan Anda ke beberapa laman situs-situs promo yang tidak jelas. Bila hal ini terus terjadi, maka secara otomatis akan mengurangi layanan paket data internet yang Anda gunakan.

Jadi, tetaplah hati-hati dalam penggunaan Smartphone Android ya. Karena didunia ini masih saja ada orang yang ingin mendapatkan suatu keuntungan dengan cara merugikan orang lain. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadikan Anda lebih peduli terhadap perangkat Android Anda.