Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Dicas

Salah satu hal yang paling umum dialami oleh para pengguna Smartphone adalah baterai yang tidak bisa di charge. Karena walau bagaimanapun juga, sampai saat ini baterai masih menjadi nyawa untuk sebuah Smartphone. Bagi pengguna Smartphone yang tidak mendukung teknologi non-removable mungkin tidak akan menjadi suatu masalah yang besar. Namun, apabila Smartphone yang Anda gunakan mengusung teknologi non-removable, maka tentu saja Anda terpaksa harus merogoh kocek yang tidak sedikit hanya untuk memperbaikinya.

Bila memang saat ini Smartphone yang Anda gunakan sudah tidak bisa dicas, Anda tidak perlu khawatir. Karena berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa di coba sebelum Anda benar-benar mengganti baterai Smartphone Anda.

Cara Mengatasi Baterai Smartphone Tidak Dapat Dicas

baterai smartphone tidak bisa di cas
1. Restart Smartphone
Ketika sebuah Smartphone mengalami beberapa gangguan, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan merestart Smartphone tersebut. Cara ini memang tidak bisa membantu untuk mengatasi masalah yang sangat serius, akan tetapi merestart Smartphone biasanya akan membantu sejumlah sistem yang mengalami error untuk bisa pulih kembali.

2. Cek power adapter
Bila Anda melakukan pengisian baterai Smartphone tanpa menghubungkannya ke PC/Laptop, dengan kata lain hanya mengandalkan power adaptor saja, maka besar kemungkinan power adaptor yang Anda gunakanlah yang bermasalah. Solusinya, cobalah melakukan pengisian baterai Smartphone dengan menggunakan power adaptor yang lain.

3. Cek kabel USB
Selain power adaptor yang bermasalah, kabel USB juga bisa menyebabkan baterai Smartphone tidak bisa diisi ulang. Cara mengetahuinya adalah cobalah Anda gunakan kabel USB lain untuk mengisi ulang baterai Smartphone Anda. Bila benar masalahnya terdapat pada kabel USB, maka silahkan beli kabel USB baru. Tapi ingat, belilah kabel USB yang asli supaya kualitasnya lebih terjamin.

4. Cek port USB
Bila Anda mengisi baterai Smartphone pada port USB PC/Laptop, kemudian baterai Smartphone tidak terisi juga, cobalah untuk menghubungkan Smartphone Anda ke port USB PC/Laptop yang lain. Bila di PC/Laptop yang lain daya baterai Smartphone bisa terisi, maka port USB PC/Laptop Andalah yang bermasalah. Untuk lebih meyakinkan bahwa port USB PC/Laptop Anda yang bermasalah, cobalah gunakan USB Flashdisk untuk mengetesnya. Bila memang USB Flashdisk tidak terbaca, maka sudah bisa dipastikan bahwa kerusakannya terdapat pada port USB PC/Laptop.

5. Kunjungi situs resmi
Bila dengan beberapa tips sebelumnya baterai Smartphone Anda masih tetap tidak mau terisi juga, maka sudah dapat disimpulkan bahwa baterai Smartphone Anda tidak dapat digunakan kembali sehingga perlu untuk di ganti. Namun, Anda juga masih bisa mengunjungi situs resmi mereka dan menghubungi bagian customer service. Bila hal ini terlalu merepotkan bagi Anda, maka sebaiknya ganti saja dengan yang baru.

Itulah cara mengatasi baterai Smartphone yang tidak bisa dicas. Semoga tips diatas dapat membantu Anda terutama untuk baterai Smartphone yang sedang bermasalah.