Tips Memilih Smartphone Android yang Tepat

Bagi sebagian besar orang, saat ini kebutuhan akan gadget Smartphone Android telah masuk kedalam kategori yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Banyaknya orang yang beralih dari ponsel biasa ke ponsel pintar (Smartphone) menjadi salah satu bukti nyata bahwa masyarakat dunia khususnya Indonesia, sangat membutuhkan teknologi untuk mempermudah sebagian besar aktivitas mereka.

Hal inilah yang menjadi salah satu peluang besar mengapa saat ini cukup banyak para vendor ternama bahkan vendor baru pun bermunculan demi melengkapi kebutuhan masyarakat dunia akan perangkat cerdas seperti halnya Smartphone dan juga tablet.
kumpulan smartphone
Ilustrasi kumpulan smartphone via slimintrading.com
Banyaknya gadget baru yang bermunculan disertai dengan fitur-fitur keunggulannya membuat kita selaku konsumen lebih mudah untuk mencarinya. Namun disisi lain, kita juga akan merasa kebingungan sendiri karena gadget tersebut sama-sama menawarkan fitur-fitur unggulan yang mungkin tidak dimiliki antara Smartphone yang satu dengan Smartphone yang lainnya.

Sebelum menjatuhkan pilihan kita untuk membawa pulang satu buah gadget Smartphone, alangkah baiknya kita perhatikan terlebih dahulu point-point apa saja yang mesti diperhatikan dalam membeli gadget Smartphone . Hal ini tentu sangat penting supaya nantinya kita dapat mengurangi rasa penyesalan kita bilamana gadget Smartphone yang telah kita beli ternyata memiliki suatu kekurangan.

Tips pertama dalam memilih sebuah gadget khususnya Smartphone Android adalah sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kita pada saat ini. Rugi lho kalau sekiranya kita membeli Smartphone Android dengan harga selangit, namun yang kita gunakan hanya sebatas nelpon dan sms saja. Akan tetapi, bila memang Anda membutuhkan lebih dari itu, maka cobalah untuk mengikuti tips memilih Smartphone Android yang tepat seperti berikut ini.

1. CPU (Central Processing Unit)

cpu
Ilustrasi CPU via trustedreviews.com
Semua ponsel pintar khususnya Smartphone Android, pasti memiliki sebuah otak atau bagian yang sangat penting didalamnya. Otak atau bagian yang sangat penting itu dinamakan CPU (Central Processing Unit). Tanpa CPU, akan sangat mustahil sebuah ponsel pintar mampu mengoperasikan segala akivitasnya. Sehingga, point pertama yang mesti diperhatikan adalah pada bagian CPU. Standar minimum CPU untuk sebuah ponsel pintar adalah Dual-Core.

2. RAM (Random Access Memory)

RAM
Ilustrasi RAM via etechmag.com
RAM merupakan perangkat penting kedua setelah CPU. RAM disini bertugas untuk menyimpan data sementara terhadap aplikasi-aplikasi yang sedang dijalankan. Jadi, ketika suatu Smartphone di matikan, maka data aplikasi tersebut akan turut menghilang. Selain itu fungsi RAM juga untuk menangani multitasking aplikasi yang sedang dijalankan. Semakin tinggi kapasitas RAM, maka akan semakin cepat pula dalam menjalankan suatu aplikasi. Penting sekali untuk memerhatikan RAM dalam Smartphone, karena RAM disini tidak bisa ditambah atau pun ditukar dengan kapasitas yang lebih besar. Supaya aplikasi yang ada pada Smartphone berjalan dengan baik, sebaiknya gunakan RAM yang berkapasitas minimal 1GB.

3. GPU (General Processing Unit)

GPU
Ilustrasi GPU via id.gamesinasia.com
GPU merupakan salah satu perangkat penting dalam Smartphone yang bertugas pada bagian grafis. Kualitas grafis (gambar, video, game HD) ditentukan oleh perangkat yang satu ini. Semakin tinggi spesifikasi GPU yang digunakan, maka akan semakin tinggi pula kualitas grafis yang akan ditampilkan pada sebuah Smartphone.

4. Baterai

baterai
Ilustrasi baterai via phonearena.com
Baterai juga salah satu perangkat penting pada sebuah Smartphone. Saat ini tidak ada jenis Smartphone yang mampu digunakan tanpa adanya dukungan sebuah baterai. Oleh karena itu sangat penting sebelum membeli gadget Smartphone pastikan kita juga lihat dulu spesifikasi yang dimiliki oleh sebuah baterai. Semakin tinggi daya baterai, akan semakin lama Smartphone kita untuk tetap dalam keadaan standby. Pilihlah jenis baterai yang mempunyai daya minimal 2000 mAh.

5. Layar (Display)

layar
Ilustrasi layar via tech2date.com
Layar juga sangat penting untuk diperhatikan sebelum kita benar-benar menjatuhkan pilihan kita dalam membeli Smartphone. Pilihlah jenis layar sesuai kebutuhan saja, karena kalau terlalu lebar akan repot juga ketika Anda mau membawanya kemana-mana. Kalau layar terlalu kecil sama juga repotnya, apalagi ketika harus melakukan chat atau sms. Layar yang terlalu kecil akan memberikan peluang lebih besar untuk melakukan kesalahan dalam pengetikan. Oh iya, jangan lupa sebaiknya pilih juga layar Smartphone yang telah menggunakan layar berteknologi IPS dan memiliki multitouch ya.

6. Jaringan

jaringan
Ilustrasi jaringan via techinerd.com
Pada sebuah Smartphone, jaringan tentu saja mempunyai peranan yang penting. Tanpa jaringan kita tidak akan mampu untuk melakukan komunikasi seperti nelpon atau sms. Apalagi untuk berselancar di dunia maya, ngimpi kali. hehehe…

Oleh karena itu perhatikanlah jenis jaringan yang digunakan pada Smartphone. HSDPA merupakan jaringan minimal yang harus ada pada Smartphone. Bila memungkinkan, sebaiknya pilihlah Smartphone yang telah mendukung jaringan LTE. Tapi ingat, sesuaikan juga dengan jaringan yang mendukung didaerah tempat tinggal kita. Percuma lho kalau Smartphone kita mendukung jaringan super canggih, namun didaerah tempat tinggal tidak mendukung jaringan tersebut.

7. Kamera

kamera
Ilustrasi kamera via gsmnation.com
Kamera bisa menjadi sebuah fitur pelengkap bagi sebuah ponsel pintar. Namun fitur ini juga bisa menjadi sangat penting kalau kita ingin mengabadikan moment-moment berharga dalam hidup kita. Apalagi untuk saat ini, selfie dan groupie merupakan dua aktivitas menyenangkan yang rupanya telah banyak memikat para pecinta gadget diseluruh dunia. Dua aktivitas menyenangkan ini tentu tidak akan bisa dilakukan bilamana Smartphone kita tidak memiliki kamera.

Itulah tips memilih Smartphone Android yang tepat menurut pengetahuan kami. Semua orang tentu mempunyai penilaian tersendiri dalam urusan seperti ini. Namun, tidak ada salahnya juga disini kami membagikan tipsnya untuk Anda. Semoga bermanfaat ya...

Simak artikel kami sebelumnya, Aplikasi Edit Foto Menjadi Karikatur Lucu di Android