Paket Internet Unlimited SmartFren Connex Prabayar

Per tanggal 1 Maret 2013, SmartFren memperbarui ketentuan layanan paket internet unlimited SmartFren Connex prabayarnya. Kali ini SmartFren membagi paket datanya menjadi 3 kecepatan akses, yakni Neo Regular, Neo Premium dan Xtra Premium.

Untuk paket Neo Regular, kecepatan download maksimal 512 Kbps sedangkan kecepatan upload adalah hingga 256 Kbps. Sedangkan paket Neo Premium, kecepatan akses download sampai dengan 1 Mbps dan upload hingga 512 Kbps. Yang paling ngebut adalah paket Xtra Premium dengan speed download mencapai 3,1 Mbps dan speed upload hingga 1,8 Mbps.

Meskipun ketiganya adalah paket unlimited, namun tetap saja masing-masing paket Connex Neo Unlimited tersebut berbatas FUP (Fair Usage Policy). untuk paket Neo Regular, FUP dibatasi 2 GB per 30 hari. Paket Neo Premium Harian memiliki FUP 300 MB, sedangkan Paket Neo Premium bulanan mempunyai FUP 6 GB per 30 hari. Dan untuk paket Xtra Premium mempunyai FUP 15 GB per 30 hari.

Selengkapnya mengenai paket baru unlimited dari SmartFren prabayar termasuk cara aktivasinya bisa kamu lihat pada tabel di gambar berikut ini:

Paket Internet SmartFren Neo Unlimited

Dengan demikian maka kuota paket internet SmartFren Neo Unlimited berkurang secara drastis. Sebagai contoh dulunya paket seharga Rp 99.000 per bulan mendapat jatah kuota FUP 15 GB. Namun sekarang bila dilihat dari paket seharga tersebut, paket Neo Premium hanya memberikan jatah kuota 6 GB untuk 1 bulan atau 30 hari nya.

Pun untuk pemakaian yang melebihi batas kuota atau yang disebut SmartFren sebagai pemakaian wajar, speed download ikut turun hingga 5% nya. Contohnya pada paket Xtra Premium, kecepatan download yang semula 3.1 Mbps akan turun menjadi 153 Kbps jika pemakaian belum 30 hari melebihi kuota 15 GB.

Memang speed atau kecepatan akses tentu menjadi meningkat seiring pengurangan kuota FUP besar-besaran. Bayangkan jalanan yang dulunya padat oleh kendaraan sehingga menyebabkan kemacetan, sekarang menjadi lancar karena berkurangnya traffic secara signifikan.

Solusi agar kecepatan kembali normal, ya mau tidak mau kamu stop dulu paket internet Neo Unlimited dengan cara ketik Connex<spasi>OFF kirim ke *123* dan registrasi kembali ke paket yang diinginkan.