Tips & Triks Menghemat Baterai Android

Informasi kali ini akan memberikan tips menghemat baterai Android yang mungkin tips seperti ini memang sedang Anda butuhkan untuk saat ini. Untuk mengetahui tipsnya, lansung simak saja artikel berikut ini.

Smartphone dengan sistem operasi Android akhir-akhir ini memang sangat populer. Beragam fitur dan aplikasi didalamnya membuat semua orang jatuh hati untuk memilikinya. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ini telah berhasil merajai pangsa pasar smartphone di seluruh dunia. Namun ada satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para penggunanya yaitu daya tahan baterai yang tidak mampu bertahan lama. Dengan kata lain, daya tahan baterai akan cepat habis sehingga mengharuskan Anda untuk lebih sering melakukan pengisian daya baterai.

Untuk mengatasi masalah tersebut tentunya Anda harus tahu betul apa saja yang dapat membuat daya tahan baterai lebih cepat habis. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat membuat daya tahan baterai cepat habis sekaligus dengan tips atau pun cara untuk menghematnya.

Tips Menghemat Baterai Android

Triks Menghemat Baterai Android

Pencahayaan layar
Pencahayaan layar merupakan salah satu penyumbang terbesar yang dapat menguras daya tahan baterai. Untuk itu Anda perlu mengatur pencahayaan pada layar. Bila Anda sedang berada di tempat yang tidak terlalu terang, Anda dapat menurunkan tingkat pencahayaan layar. Sedangkan bila Anda berada di tempat yang cukup terang, maka Anda bisa menaikkan pencahayaan layar.

Matikan Wifi & Bluetooth
Salah satu fasilitas favorit bagi para pengguna ponsel pintar berbasis Android adalah adanya Wifi. Fasilitas tersebut memang bisa diandalkan terutama untuk mengakses internet tanpa harus mengeluarkan biaya. Namun, fasilitas tersebut hanya dapat digunakan pada daerah/tempat yang mendukung jaringan Wifi (HotSpot). Masalahnya, para pengguna terkadang lupa mematikan fasilitas Wifi yang telah digunakan sebelumnya. Hal ini tentu akan berdampak pada daya tahan baterai sehingga cepat habis. Karena, ketika Wifi dalam keadaan hidup  ponsel pintar tersebut akan terus berusaha mencari sinyal Wifi. Hal ini sama halnya denngan Bluetooth. Ketika Anda telah selesai menggunakan fasilitas untuk bertukar data ini, alangkah baiknya Anda matikan kembali fasilitas Bluetooth tersebut.

Matikan fungsi getar
Matikan fungsi getar disini bukanlah ketika ada panggilan atau sms yang masuk, melainkan getaran ketika Anda mengetik atau menyentuh keyboard maupun ikon pada layar Android. Karena getaran yang terjadi secara terus menerus dapat membuat daya baterai cepat habis.

Matikan GPS
Tips menghemat baterai Android selanjutnya adalah dengan mematikan GPS. GPS memang sangat berguna sekali apalagi ketika Anda sedang ingin berpergian kesuatu tempat. Namun, ada baiknya Anda matikan kembali fitur GPS tersebut bila memang Anda sudah tidak memerlukannya lagi.

Tutup aplikasi yang tidak terpakai
Keunggulan yang dimiliki oleh ponsel pintar berbasis Android adalah dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Artinya, Anda dapat menjalankan aplikasi lainnya tanpa harus menutup atau keluar terlebih dahulu dari aplikasi yang telah dijalankan sebelumnya. Namun, terlalu banyak aplikasi yang dijalankan terkadang bisa membuat kita lupa dan mungkin malas untuk menutupnya. Padahal, aplikasi yang belum ditutup dan terus berjalan dapat mengurangi daya tahan baterai Anda.

Bila memang Anda merasa malas untuk menutup beberapa aplikasi yang telah dijalankan, Anda bisa menginstal aplikasi Advanced Task Killer atau Baterai Dr. Saver. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk menghemat daya tahan baterai. Cara kerja aplikasi tersebut adalah mematikan aplikasi yang masih aktif atau berjalan namun tidak terpakai. Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut di google play.

Matikan fungsi sync
Sync berfungsi untuk memberitahukan kepada Anda mengenai berbagai pemberitahuan seperti email, facebook, twitter, dll. Sebaiknya, memeriksa facebook, twitter, atau email dilakukan secara manual supaya baterai bisa bertahan lebih lama.

Itulah tips dan triks menghemat baterai Android yang mungkin bisa bermanfaat dan dapat Anda coba supaya konsumsi daya tahan baterai pada Smartphone Android jauh lebih hemat.