Efek Buruk Dari Smartphone Bagi Kesehatan Manusia

smartphone
Semakin banyak smartphone ditawarkan akhir akhir ini. Harganya pun makin terjangkau dengan kualitas fitur yang sudah mumpuni. Dengan lengkapnya fitur yang ada di gadget tersebut sering banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan hanya dengan menekan beberapa kali tombol pada layar sentuh. Contohnya, membayar tagihan listrik tidak perlu lagi menuju loket pembayaran atau transfer uang tanpa perlu menuju mesin ATM. Semua serba praktis.



Namun kepraktisan fungsi smartphone dalam menjalankan berbagai keperluan juga memiliki efek samping. Salah satunya, orang jadi mengandalkan piranti ini bahkan sampai tahap kesulitan untuk berlepas darinya. Dikutip dari Times of India, berikut ada beberapa keburukan bagi kesehatan fisik dan mental:




  1. Saat pikiran sudah addict dengan smartphone, orang menjadi sulit untuk berlepas diri. Akibatnya dia seperti tidak lagi mengurusi kehidupan sosialnya di lingkungan nyata dan lebih memilih berinteraksi lewat sosial media. Hubungan dengan keluarga juga memiliki jeda akibat smartphone.

  2. Kecanduan smartphone cenderung menurunkan waktu untuk tidur. Orang menjadi enggan untuk segera istirahat dan memanjakan diri hingga larut malam untuk berkirim pesan atau browsing internet. Padahal, kurang tidur membawa banyak masalah bagi kesehatan.

  3. Agar tidak ada pesan email atau pesan pendek yang terlewatkan, pemilik smartphone kerap tetap mengaktifkan akses datanya. Mereka rela terbangun saat tidur malam demi membaca pesan terbaru. Padahal, sering terbangun saat tidur dapat mempercepat perkembangan sel kanker, menurut sebuah studi.

  4. Smartphone bisa menjadi pemicu tidak konsentrasinya seseorang saat mengemudi. Banyak kasus kecelakaan di jalan raya yang bermula saat pengemudi menerima panggilan telepon atau berkirim pesan pendek.

  5. Orang menjadi malas menggunakan otaknya untuk mengingat. Pasalnya, semua agenda maupun hal lain yang perlu diingat sudah dituliskan pada aplikasi pencatat pesan atau lewat foto. Di samping itu, orang menjadi malas menggerakkan tubuh karena banyak hal bisa diselesaikan dengan smartphone.

  6. Pada orang yang telah menikah, smartphone bisa menjadi masalah dalam hubungan badan. Kecanduan smartphone membuat orang urang konsentrasi saat melakukan seks bersama pasangannya. Begitu ada dering masuknya pesan atau panggilan, seseorang justru lebih memilih menanggapinya dulu dibanding bercengkerama dengan pasangan.